16 September 2008

Tanpa Kita sadari kita makan dan minum menggunakan tangan kiri

Dalam kitab shahih muslim dijelaskan Imam muslim meriwayatkan hadist dari Ibnu ‘umar bahwa nabi muhammad saw pernah bersabda : "Jika seseorang makan, maka hendaklah ia makan dengan menggunakan tangan kanannya, jika ia minum, maka hendaklah ia minum dengan menggunakan tangan kanannya. Alasannya karena setan makan dan minum dengan menggunakan tangan kirinya".

Salah satu adab ketika makan dan bagi seorang muslim adalah makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan, tetapi tanpa kita sadari dan kita rasakan atau malah kita sadar sesadar-sasadarnya sering kali kita justru makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri. Berikut ini beberapa contohnya :
1. Ketika kita makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Garpu yang berada di tangan kiri sering kali juga ikut kita gunakan untuk makan, entah itu untuk sekedar mengambil lauknya.
2. Ketika kita makan bistik /beef steak, dimana tangan kanan memegang pisau, sedangkan tangan kiri memegang garpu, daging yang kita iris dengan memakai pisau di tangan kanan, kemudian kita ambil dan kita makan dengan menggunakan garpu yang ada di tangan kiri.
3. Ketika kita makan nasi dan ada hidangan pelengkap krupuk. Sering kali kita makan krupuknya dengan menggunakan tangan kiri.
4. Ketika kita makan dengan tidak menggunakan sendok dan garpu, ditengah kita makan kita ingin minum entah itu karena kesereten (jawa) atau yang lainnya maka kita sering minum dengan menggunakan tangan kiri.
5. Ketika kita makan kue/gorengan (Ote-ote/tahu isi) dengan pelengkap lombok. Gorengan kita makan dengan tangan kanan tetapi lombonya kita makan dengan menggunakan tangan kiri.
6. Ketika kita makan pisang. Sering kali pisang kita pegang dengan tangan kiri dan tangan kanan bekerja untuk mengelupas kulitnya, setelah itu pisang langsung kita makan dengan menggunakan tangan kiri.
7. Ketika kita minum air mineral dalam botol. Seringkali botol kita pegang dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan bekerja untuk membuka tutup botolnya, setelah itu langsung kita minum dengan menggunakan tangan kiri.
8. Ketika kita minum air mineral kemasan gelas. Seringkali gelas kita pegang dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan bekerja untuk meletakkan sedotannya ke gelas tersebut, setelah itu air langsung kita minum dengan menggunakan tangan kiri.

Semoga kita terbiasa makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan. Dan semoga apa yang kita makan dan minum menjai berkah. Amiin.

0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template